Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Guru Dalam Motivasi Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPS Di Kelas V SD Inpres 3 Talise
Nama: ASTARINA ARIPIN
Tahun: 2024
Abstrak
Hasil observasi guru mengalami kesulitan melakukan motivasi belajar dengan situasi siswa yang mempunyai latar belakang berbeda-beda. Guru kelas V SD Inpres 3 Talise menyadari bahwa perlunya memberikan motivasi siswa agar kemampuan serap materi dipahami dengan baik oleh siswa. Kemudian peneliti melakukan wawancara beberapa siswa, penelitih terlibat dalam pembicaraan mengenai apakah guru melakukan motivasi belajar pada saat proses pembelajaran dilaksanakan, jawabanpun beragam dari masing-masing siswa. Jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik dokumentasi. Data terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik presentase. Hasil analisis deskriptif Kriteria peran guru klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 15 siswa atau 48,39% yang menyatakan peran guru di SD Inpres 3 Talise cukup, 16 siswa atau 51,61% yang menyatakan peran guru kurang Sedangkan dari kriteria motivasi belajar siswa dapat dilihat dari klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 13 siswa atau 41,93% yang menyatakan motivasi belajar siswa cukup dan 18 siswa atau 58,07% yang menyatakan motivasi belajar siswa di SD Inpres 3 Talise kurang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up