JudulPengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Inpres 1 Lolu |
Nama: SITI NURAULIYAH YALISI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Siti Nurauliyah Yalisi, 2024. “Pengaruh pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas III SDN Inpres 1 Lolu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Surahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas III SDN Inpres 1 Lolu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen, desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Untuk teknik penelitian menggunakan teknik puposive sample. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa dari kelas IIIA dan IIIB, yang terdiri dari 24 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 6 soal berbentuk esai. Data dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model Numbered Head Together (NHT) memperoleh nilai rata-rata posttest 82,70 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 72,04. Berdasarkan hasil analisis Independent Sampel T-Test diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas III SDN Inpres 1 Lolu. Kata kunci : Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Pecahan. |