JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN TONDO |
Nama: EKA EVIYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Eka Eviyanti, (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS diSDN Tondo. Skripsi,Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Tondo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Tondo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tondo yang berjumlah 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B, adapun sampel pada penelitian ini yaitu 28 siswa kelas IV A dan 28 siswa kelas IV B, dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, soal tes, dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest kelas kontrol dan eksperimen. Selanjutnya diolah menggunakan uji independen sample t-test dengan taraf signifikansi 5% (? = 0,05). Hasil penelitian melalui analisis statistik menggunakan bantuan SPSS menunjukan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata (mean) yaitu 86,43. Sedangkan nilai rata-rata (mean) dari hasil belajar tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif tergolong rendah yaitu 64,29. Dibuktikan dengan melihat hasil uji independen sampel T-test dengan thitung sebesar 7,653 dan nilai ttabel sebesar 2,005. Hal ini berarti nilai thitung lebih besar dari pada ttabel atau 7,653 >2,005. Jadi berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Tondo yang berarti Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Tondo. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, IPS, Hasil Belajar |