JudulPengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Balok Siswa Kelas V SD Inpres 7 Labuan Baru |
Nama: HASRAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hasrawati. 2024. “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Balok Siswa Kelas V SD Inpres 7 Labuan Baru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapasere,S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep bangun ruang balok pada siswa kelas V di SD Inpres 7 Labuan Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Pre-experimental Design menggunakan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode statistic deskriptif dan statistic inferensial. Sebelum diberikan perlakuan, pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang balok rata-rata 30,28. Sementara setelah adanya perlakuan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa menjadi 65,14. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Paired Sampel T-Test dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan bahwa 0, 000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep bangun ruang balok siswa kelas V SD Inpres 7 Labuan Baru. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Balok |