Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI DI KELAS IV SDN 9 MAMBORO
Nama: ASRATUN NISA
Tahun: 2024
Abstrak
Asratun Nisa. 2024. ‘‘Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Persegi di Kelas IV SDN 9 Mamboro’’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapasere, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa materi bangun datar persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Mamboro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Pre-experimental Design menggunakan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode statistic deskriptif dan statistic inferensial. Sebelum diberikan perlakuan, hasil belajar siswa pada materi bangun datar persegi rata-rata 28,62. Sementara setelah adanya perlakuan, hasil belajar siswa pada materi bangun datar persegi rata-rata menjadi 67,54. Berdasarkan hasil hipotesis yang dilakukan menggunakan Paired Sampel T-Test dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan bahwa 0, 000 < 0,05, maka Ha diterima dan HO ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education ( RME) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar persegi di kelas IV SDN 9 Mamboro.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up