Judul PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VSD INPRES 15 WARA PANTOLOAN |
Nama: MITHA HIDAYATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Mitha hidayati, 2024. Pengaruh Teknik Ice Breaking Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 15 Wara Pantolon. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakulatas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Azizah, S.Si, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Ice Breaking dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Penelitian ini di latar belakangi pentingnya motivasi belajar siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Sempel yang digunakan yaitu kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan yang berjumlah 21 siswa. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 76,38 dan nilai rata-rata posttest yaitu 92,38. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh penerapan teknik ice breaking dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji paired sempel t test pada taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai singnifikan 0.000. karena nilai signifikan T- test < 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho di tolak. |