JudulPengembangan Modul P5 (Modul Bricket) Tentang Pembuatan Ecobrick Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Bagi Siswa Sekolah Dasar |
Nama: ASANIA DWI ADITYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Asania Dwi Aditya, 2024. “ Pengembangan Modul P5 (Modul bricket) Tentang Pembuatan Ecobrick Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Hasil. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kepenguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah S.Si., M.Pd Modul yang digunakan untuk pembelajaran P5 di sekolah masih sangat terbatas, dan guru diberikan kebebasan untuk membuat sendiri modul yang sesuai dengan apa yang akan diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan modul P5 (Modul bricket) tentang pembuatan ecobrick pada tema gaya hidup berkelanjutan bagi siswa sekolah dasar untuk fase b kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Modul P5 (Modul bricket) yang dikembangkan diuji kevalidan media, uji kevalidan materi, dan uji kepraktisan oleh pengguna. Objek pada penelitian ini adalah kelompok kecil yang berisikan 9 siswa kelas IV dan seorang guru wali kelas IV di SD Inpres Bumi Sagu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, penyebaran angket/kuesioner. Berdasarkan validasi media, validasi materi, dan uji coba lapangan didapatkan hasil modul P5 (Modul bricket) yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi tentang pembuatan ecobrick pada tema gaya hidup berkelanjutan bagi siswa sekolah dasar untuk fase b kelas IV. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan modul P5 (Modul bricket) praktis pengguna dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul, Modul P5 (Modul bricket), Ecobrick, P5, Tema Gaya Hidup Berkelanjutan |