JudulANALISIS PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN DIULE |
Nama: LENI S |
Tahun: 2024 |
Abstrak Telah dilakukan penelitian mengenai analisis penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran kelas V SDN Diule, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Diule. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Diule yang berjumlah 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran kelas V SDN Diule dapat berjalan apabila terdapat 6 (enam) tahapan yaitu: orientasi, rumusan masalah, rumusan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Adapun langkah-langkah membuat rancangannya pada langkah orientasi yaitu adanya persiapan yang terancang dan tersusun rapi. langkah yang kedua dalam pelaksanaan metode inkuiri ialah merumuskan masalah. Langkah yang ketiga rumusan hipotesis dalam Langkah ini untuk menentukan rumusan masalah. Langkah yang keempat mengumpulkan data dengan mencari informasi bersama kelompoknya. Langkah kelima menguji hipotesis dalam langkah ini siswa menjawab pertanyaan. Dan Langkah keenam merumuskan kesimpulan dalam Langkah ini guru beserta siswa menarik kesimpulan dari kegiatan Pelajaran dengan metode inkuiri maka akan dapat tercapainnya suatu tujuan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Analisis, Metode Inkuiri, Pembelajaran IPS |