Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 8 MAMBORO
Nama: DIAN SAFITRI
Tahun: 2024
Abstrak
Dian Safitri. 2024. Pengaruh media Dakota (Dakon matematika) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Mamboro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawa Lapasere, S. Pd., M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media Dakota (Dakon Matematika) terhadap hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV SDN 8 Mamboro. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen design. Teknik penarikan sample purposive sampling. Sample pada penelitian ini berjumlah 40 siswa dari siswa kelas IV A dan IV B, yang terdiri dari 20 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 6 soal berbentuk essay. Data penelitian ini dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara 2 kelompok, kelompok eksperimen menggunakan media Dakota (Dakon Matematika) memperoleh nilai rata-rata posttest 75,10 sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata posttest 48,20. Berdasarkan nilai signifikan independent sample t test adalah 0,000 < 0,05, make Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media Dakota (Dakon Matematika) terhadap hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV SDN 8 Mamboro kata kunci : Media Dakota (Dakon Matematika), hasil belajar KPK dan FPB

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up