JudulPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Binangga |
Nama: REGINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Binangga.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari uji validitas, reliabilitas, uji normalitas,uji homogenitas dan uji-t digunakan untuk menguji hipotesis penelitian berbantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA.Hal tersebut dilihat dari perolehan nilai signifikansi dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho di tolak, artinya bahwa terdapat adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. |