Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV Di SDN Kilo Obyek
Nama: NILUH NOVALIN ANGRENI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN Kilo Obyek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitaif. Subjek penelitian Guru kelas IV dan siswa Kleas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter siswa masih kurang optimal dimana dari enam indikator karakter siswa yang menjadi kaidah penelitian hanya dua indikator karakter siswa yang sudah terbentuk yaitu karakter toleransi dan peduli sosial sedangkan empat indikator karakter siswa yang belum terbentuk sepenuhnya yaitu masih kurangnya karakter jujur dalam diri siswa saat mengerjakan tugas yang diberikan guru dan masih menyontek pada temannya, kurangnya karakter disiplin siswa yang sering datang terlambat masuk kelas dan bermain pada saat jam pelajaran, kurangnya karakter mandiri pada siswa yang belum bisa menyelesaikan tugas-tugas dikelas dengan kemampuannya sendiri dan masih kurangnya karakter tanggung jawab pada diri siswa yang sering meninggalkan kewajibannya piket dikelas. Lingkungan sosial siswa adalah faktor utama yang mempengaruhi dalam membentuk karakter siswa. Kata Kunci: Analisis, Peran Guru, Karakter Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up