JudulAnalisis Peranan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Tambarana |
Nama: WIDYA J. LAHELE |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Widya J. Lahele, 2024. Analisis Peranan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Tambarana. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Yusdin Bin Mahmud Gagaramusu, Lc., M.Ed Telah dilakukan penelitian mengenai analisis peranan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Tambarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Tambarana dengan menggunakan lima indikator manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas III. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peranan manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Tambarana ditemukan bahwa peranan manajemen kelas telah dilaksanakan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari lima indikator peranan manajemen kelas yaitu pada indikator (1) mengatur atau menata lingkungan fisik kelas, indikator (2) menegakkan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran, indikator (3) menegakkan tingkah laku siswa, indikator (4) menjalin komunikasi dengan siswa, indikator (5) menumbuhkan organisasi kelas yang efektif. Namun pada indikator ke dua dan ketiga guru belum secara optimal menegakkan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran dan menegakkan tingkah laku siswa. Kata Kunci : Manajemen Kelas, prestasi belajar siswa |