Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran DI Kelas VI SDN Kilo Obyek
Nama: DICHA KRISTINA
Tahun: 2024
Abstrak
Dicha Kristina, 2024. Analisis Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas VI SDN Kilo Obyek. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Yusdin Bin Mahmud Gagaramusu, Lc., M.Ed Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas VI SDN Kilo Obyek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitaif. Subjek penelitian Guru kelas VI dan siswa Kleas VI. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas VI SDN Kilo Obyek muncul dalam lima indikator penting yakni: menyediakan seluruh perangkat pembelajaran, menyediakan fasilitas pembelajaran berupa metode, media, serta peralatan belajar, bertindak sebagai mitra, bukan atasan, melaksanakan tugas dan fungsinya yang telah ditentukan dalam undang–undang, tidak bertindak sewenang–wenang kepada peserta didik. Dari kelima indikator tersebut terdapat 15 elemen sub indikator didalamnya, dimana 37,5% guru menjalankan perannya dalam menyediakan perangkat pembelajaran, 33,3% guru telah menjalankan perannya dalam meyediakan fasilitas pembelajaran, 100% guru telah menjalankan perannya dalam bertindak sebagai mitra, 50% guru telah menjalankan perannya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, 100% guru menjalankan perannya dalam tidak bertindak sewenang-wenang. Guru telah mampu menjalankan 7 elemen dari 15 elemen indikator guru sebagai fasilitator dengan baik, 5 elemen indikator guru sebagai fasilitator yang belum optimal dijalankan, dan 3 elemen indikator guru sebagai fasilitator yang belum dijalankan dengan baik. Faktor penghambat dari belum tercapinya dengan baik peran guru sebagai fasilitator yaitu minimnya perlengkapan pembelajaran yang ada seperti kurangnya infokus, dan juga buku paket. Selain itu kurangnya kretaivitas dari guru dalam pengembangan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa peran guru 64% telah memenuhi indikator-indikator sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru dapat dikatakan cukup baik dalam menjalankan peran sebagai fasilitator. Kata Kunci: Analisis, Peran Guru, Fasilitator,Pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up