JudulAnalisis Peran Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Talise |
Nama: AYU LUTVICA CAHYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Talise. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas V dan siswa kelas V. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Talise menunjukkan tujuh indikator peran guru yakni guru sebagai pendidik; guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing; guru sebagai fasilitator; guru sebagai demonstrator, guru sebagai sumber belajar, dan guru sebagai pengelola. Dari ke tujuh indikator tersebut, hanya 5 indikator peran guru yang telah berjalan dengan baik dalam peningkatan hasil belajar siswa yakni guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai demonstrator serta guru sebagai sumber belajar dan 2 indikator peran guru yang belum berjalan dengan optimal yakni peran guru sebagai fasilitator dan peran guru sebagai pengelola kelas. Faktor yang memengaruhi 2 indikator tersebut belum berhasil yaitu kurangnya perlengkapan pembelajaran seperti infokus dan buku paket. Selain itu kurangnya keterampilan guru dalam mengelola kelas. Dapat di simpulkan bahwa guru telah cukup memenuhi perannya dalam peningkatan hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru dapat dikatakan cukup baik menjalankan perannya. Kata kunci: Analisis, Peran guru, Hasil belajar |