JudulEFEKTIVITAS MODUL P5 (MODUL BRICKET) TENTANG ECOBRICK PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN TERHADAP DIMENSI KREATIF SISWA KELAS IV SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: ADELYA PUTRI RAHAYU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Adelya Putri Rahayu, 2024. Efektivitas Modul P5 (Modul Bricket) tentang Ecobrick pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan terhadap Dimensi Kreatif Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing azizah, S.Si, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul P5 (Modul Bricket) tentang ecobrick pada tema gaya hidup berkelanjutan terhadap dimensi kreatif siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design berbentuk pre-test and post-test one grup design. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 26 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul P5 (Modul P5) tentang ecobrick pada tema gaya hidup berkelanjutan efektif digunakan dalam meningkatkan dimensi kreatif siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul P5 (Modul Bricket) tentang ecobrick pada tema gaya hidup berkelanjutan efektif digunakan terhadap dimensi kreatif siswa pada kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Kata kunci : Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Modul Bricket), gaya hidup berkelanjutan, ecobrick, dimensi kreatif. |