Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN SENI RUPA DI SDN 5 BANAWA
Nama: ZAFIRA SAFITRI
Tahun: 2025
Abstrak
Zafira Safitri, (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Seni Rupa di SDN 5 Banawa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kadek Hariana, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Seni Rupa di SDN 5 Banawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, IV (empat), 26 siswa kelas IV (empat). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran seni rupa di SDN 5 Banawa bahwa Guru kelas IVa sudah menerapkan dengan baik dengan mengidentifikasi gaya belajar siswa dan memenuhi kebutuhan belajar siswa. Siswa dikelompokkan berdasarkan karakteristik, minat, dan bakat mereka.. Pembelajaran berdiferensiasi melalui beberapa tahap seperti assessment awal, menyiapkan perangkat ajar, dan mengelompokkan siswa sesuai kemampuan. Mayoritas siswa setuju bahwa pembelajaran berkelompok dapat memenuhi kebutuhan belajar mereka. Kata kunci: Seni rupa, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran berdiferensiasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up