Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Cahaya Dan Bunyi Di SDN 6 Kayumalue Ngapa
Nama: YUNDA FEBRIANA
Tahun: 2025
Abstrak
Yunda febriana, 2025. Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Cahaya dan Bunyi Di SDN 6 Kayumalue Ngapa. Skripsi, Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiudikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa Kelas V pada materi Cahaya dan Bunyi di SDN 6 Kayumalue Ngapa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 6 Kayumalue Ngapa yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan tujuh indikator pemahaman konsep, ditemukan bahwa belum ada siswa yang memahami konsep pada materi cahaya dan bunyi. Presentase siswa yang mampu menyatakan ulang konsep dalam menyelesaikan soal hanya mencapai 16,16%, yang tergolong dalam kategori tidak memahami konsep. Kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan objek sesuai dengan sifat atau konsepnya juga masih rendah, hanya sebesar 10,17%, dan termasuk dalam kategori tidak memahami konsep. Selain itu, persentase siswa yang mampu memberikan contoh dan non-contoh dari suatu konsep mencapai 22,55%, termasuk kategori miskonsepsi. Kemampuan dalam menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi juga masih sangat terbatas, dengan persentase 9,34%, yang menunjukkan bahwa siswa tidak memahami konsep. Sementara itu, persentase siswa yang dapat menggunakan, memanfaatkan, serta memilih prosedur atau operasi tertentu hanya 10,29%, dengan kategori tidak memahami konsep. Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau menyelesaikan masalah mencapai 22,86%, tergolong miskonsepsi. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Ilmu Pengetahuan Alam

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up