JudulANALISIS PERANAN MANAJEMEN KELAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN ONGULERO |
Nama: AGNES AGUSTINA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Agnes Agustina, 2025. Analisis Peranan Manajemen Kelas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Ongulero. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal Telah dilakukan penelitian mengenai analisis pernaan manajemen kelas Guru dalam meningkatkan Hasil belajar siswa kelas V SDN Ongulero. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen kelas Guru dalam meningkatkan Hasil belajar siswa kelas V SDN Ongulero dengan menggunakan lima indikator manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas V. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada indikator (1) mengatur atau menata lingkungan fisik kelas terdapat dua kategori yaitu 6 guru (60%) dikategorikan sangat baik dan 4 guru (40%) dikategorikan baik. Pada indikator (2) menegakkan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran terdapat 10 guru (100%) di kategorikan sangat baik. Pada indikator (3) menegakkan tingkah laku siswa terdapat dua kategori yaitu 9 guru (90%) dikategorikan sangat baik dan 1 guru (10%) dikategorikan baik. Pada indikator (4) menjalin komunikasi dengan siswa terdapat 10 guru (100%) dikategorikan sangat baik. Pada indikator (5) menumbuhkan organisasi kelas yang efektif terdapat dua kategori yaitu 5 guru (50%) dikategorikan sangat baik dan 5 guru (50%) dikategorikan baik. Namun pada indikator ke dua dan ketiga guru belum secara optimal menegakkan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran dan menegakkan tingkah laku siswa. Berdasarrkan Hasil Belajar siswa dapat dilihat bahwa siswa memiliki hasil yang baik sehingga dapat dikatakan manajemen kelas yang dilakukan guru dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Kata Kunci : Manajemen Kelas Guru, Hasil Belajar |