JudulIDENTIFIKASI KEBUDAYAAN LOKAL KAILI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN 18 BANAWA |
Nama: AINUN MUTMAINNAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ainun Mutmainnah. 2025. Identifikasi kebudayaan lokal Kaili sebagai sumber belajar pada tema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN 18 Banawa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Herlina. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Kebudayaan Lokal Kaili apa saja yang relevan sebagai sumber belajar untuk tema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SDN 18 Banawa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebudayaan lokal beserta analisis kontennya sebagai sumber belajar pada tema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SDN 18 Banawa. Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif dan menggunakan desain fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu, guru, siswa kelas IV SDN 18 Banawa dan tokoh masyarakat yang ada di kecamatan Banawa. Teknik perolehan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 18 Banawa kebudayaan lokal di kecamatan Banawa yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar adalah cerita rakyat Gonenggati, lagu Posisani dan wisata Pusentasi. Hal ini dibuktikan dengan cerita rakyat gonenggati, lagu posisani dan wisata pusentase yang merupakan kebudayaan lokal yang masih diketahui oleh sebagian masyarakat dan termasuk kebudayaan lokal yang belum dimasukkan kedalam pembelajaran di kelas IV yaitu pada tema 1, tema 5, tema 7, tema 8 dan tema 9 menjadikan kebudayaan lokal Kaili di kecamatan Banawa sebagai sumber belajar yang diharapkan dapat mempertahankan budaya lokal dari generasi ke generasi berikutnya. Kata Kunci: Identifikasi, Kebudayaan Lokal Kaili, Sumber Belajar. |