Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 11 DAMPELAS
Nama: SILFANI M. TAMPE
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Silfani M Tampe, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Pada Mata pelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 11 Dampelas. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma S.Si.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model project based Learning (PJBL) pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 11 dampelas. Model Project Based Learning (PJBL) ini terdiri dari enam Langkah, yaitu 1) Penentuan proyek, 2) Menyusun perencanaan proyek, 3) Menyusun jadwal proyek, 4) Memonitoring pembuatan proyek, 5) Presentasi hasil proyek, 6) Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggar. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Dampelas yang berjumlah 19 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis aktivitas siswa, analisis kreativitas siswa dan analisis data tes hasil belajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil observasi nilai ulangan harian diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 47,36%. Pada siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 52,63?n pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 84,21% . hasil aktivitas guru siklus 1 sebesar 72,63?ngan kategori baik dan pada siklus II diperoleh 90,78?ngan kategori baik sekali. Hasil aktivitas siswa siklus 1 sebesar 71,05?ngan kategori baik dan pada siklus II diperoleh 88,47?ngan kategori baik sekali, sedangkan untuk kreativitas siswa pada siklus 1 diperoleh sebesar 55,26?ngan kategori kreativitas sedang dan pada siklus II diperoleh 72,79?ngan kategori kreativitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa melalui model project based learning (PJBL) pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 11 Dampelas. Kata Kunci : Model Project Based Learning (PJBL), Hasil Belajar Siswa, Tindakan Kelas, Mata pelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up