Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN Inpres 2 Talise
Nama: ST. NUR AMINAH
Tahun: 2025
Abstrak
St. Nur Aminah, 2025. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN Inpres 02 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS melalui metode demontrassi di kelas V SDN Inpres 02 Talise. Metode demonstrasi ini terdiri dari empat langkah, yaitu 1) Tahap perisapan, 2) Tahap pelaksanaan, 3) Langkah pelaksanaan demonstrasi, 4) Langkah mengakhiri demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Inpres 2 Talise yang berjumlah 19 orang. Analisis data terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan analisis hasil belajar. Pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 47,37?n 94,74%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 65,91?n 84,10%. Sedangkan hasil aktivitas guru pada siklus I dan siklus II sebesar 67,5?n 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dismpulkan bahwa dalam penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas v materi harmoni dan ekosistem di SDN Inpres 2 Talise. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up