JudulPengembangan Sumber Belajar Berbasis Budaya Lokal Di Kelas IV SDN Sunju |
Nama: AYU CAHYANI AMIRUDDIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ayu Cahyani Amiruddin. 2025. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Budaya Lokal di Kelas IV SDN Sunju. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar berbasis budaya lokal di Kelas IV SDN Sunju. Dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan sesuai dengan model Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan, karena keterbatasan waktu dan keterbatasan biaya yang dibutuhkan, maka penelitian ini hanya mengikuti 5 tahapan yang meliputi: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. 1) potensi dan masalah, melakukan observasi yang menunjukkan bahwa guru dan siswa mayoritas suku Kaili, selain itu penggunaan sumber belajar yang ada belum dimanfaatkan secara optimal untuk memperkenalkan dan mengangkat budaya lokal. 2) pengumpulan data, peneliti melakukan studi lapangan dan studi literasi untuk mengumpulkan informasi terkait sumber belajar yang dikembangkan 3) desain produk, peneliti menyusun sumber belajar berbasis budaya lokal daerah setempat 4) validasi desain, setelah menyusun sumber belajar yang berbasis budaya lokal, peneliti melakukan validasi desain dengan melibatkan tiga pakar: ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, hasil dari validasi tersebut menunjukkan bahwa sumber belajar dinyatakan valid dan layak digunakan, hal ini terlihat dari nilai rata-rata validator ahli materi sebesar 5 (kriteria sangat baik), validator ahli bahasa sebesar 3,96 (kriteria baik) dan validator ahli media sebesar 4,47 (kriteria sangat baik). 5) revisi desain, peneliti melakukan perbaikan berdasarkan arahan dan saran dari para ahli dengan tujuan menyempurnakan sumber belajar. Dari perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa sumber belajar berbasis budaya lokal layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Sumber Belajar, Pengembangan, Budaya Lokal |