Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN KOLORI LORE BARAT KABUPATEN POSO
Nama: YULFINA RENANDA TOHEKE
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Yulfina Renanda Toheke 2022, Skripsi ini berjudul Pengaruh permaianan Tradisonal Engklek Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas III SDN Kolori Lore Barat Kabupaten Poso. Skripsi Program Studi Pendidikan PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,Pembimbing Dr. Zulnuraini, S.Pd., M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah (1) penggunaan metode ceramah pada pembelajaran IPS SD yang dikakukan oleh guru dimana menurut guru tersebut menggunakan metode ceramah akan meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Guru yang tidak berfariasi atau monoton dalam mengajar(3) faktor- faktor apa yang mempengaruhi hasil belajar siswa renda pada pembelajaran IPS SD Pada kelas III. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar siswa SDN Kolori. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: permainan tradisional engklek mempunyai pengaruh dalam peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPS SD kelas III. Adapun thitung yang diperoleh dari hasil perhitungan adalah 2. Sedangkan ttabel pada tarif signifikan 5% d.b (N-1) =8-1= 7 Adalah 1,90. sehinggga H0 dalam penelitian ini ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh permainan Tradisonal Engklek Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Kolori Lore Barat Kabupaten Poso. Kata kunci: Pengaruh, permainan tradisional engklek, hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up