JudulPengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas IV Di SD Inpres Bolobungkang |
Nama: YULIATI LANDJA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas IV di SD INPRES Bolobungkang. SBdP adalah mata pelajaran yang mencakup materi kesenian, kebudayaan, dan keterampilan. SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran siswa Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari tentang kesenian, kebudayaan, dan keterampilan seperti seni musik, seni lukis, seni tari, dan sebagainya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun desain dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen yang bersifat pre-eksperimental berupa One-Group Pretest-Posttest Design, dimana peneliti terlebih dahulu memberikan tes awal (pretest) sebelum diberi perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Bolobungkang yang berjumlah 7 orang dengan jumlah siswa laki-laki 4 orang dan siswa perempuan berjumlah 3 orang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas perlakuan mendapatkan jumlah skor rata-rata posttest adalah 78,57, sedangkan jumlah rata?rata pretest adalah 61,42. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum diterapkannya metode demonstrasi lebih rendah, sedangkan hasil belajar setelah diterapkannya metode demonstrasi lebih tinggi tingkat belajarnya. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran di kelas karena mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengerjakan setiap soal-soal yang di berikan oleh guru. Pada hasil Uji hipotesis akhir diperoleh diketahui bahwa nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar SBdP siswa kelas IV di SD INPRES Bolobungkang. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar. |