JudulAnalisis Faktor-faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tipo |
Nama: INDRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Indri (2023). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tipo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ratman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui apa saja faktor- faktor penghambat membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Tipo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Tipo dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki- laki. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi belajar membaca siswa yaitu kurangnya minat belajar dengan presentase sebanyak 75%, kurangnya rasa percaya diri sebanyak 82,14%, kesulitan mengenal huruf 53,78%, tidak memiliki latar belakang pendidikan pada usia dini/TK 75%, kurangnya dukungan dari sekolah, dan faktor utamanya yaitu kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru. Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah ini dengan cara memberikan pembimbingan yang lebih maksimal kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kata kunci: Membaca Permulaan, Faktor-faktor Penghambat, Fakor Utama |