Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 SUBTEMA 2
Nama: NENENG SRI DEVINI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran tema 3 subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan” di SD Inpres Baru? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran tema 3 subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan” di SD Inpres Baru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres Baru, melibatkan 31 orang siswa terdiri atas 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pada Pra tindakan persentase daya serap klasikal mencapai 46,45?n ketuntasan belajar klasikal 38,71%. Hasil tindakan siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 67,10?n ketuntasan belajar klasikal mencapai 74,19%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 82,90?n ketuntasan belajar klasikal 93,55%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n persentase daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tema 3 subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan” di kelas IV SD Inpres Baru. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode pembelajaran interaktif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up