Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD GKST BADANGKAIA
Nama: NOVIANITA KODEA
Tahun: 2025
Abstrak
Novianita Kodea (2024). Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PKN Kelas IV SD GKST Badangkaia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Arif Firmansyah SPd. MPd Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.taggart yang terdiri dari dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dikelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas IV SD GKST Badangkaia yang berjumlah 30 siswa dengan 13 laki-laki dan 17 perempuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. tingkat ketuntasan belajar belajar klasikal (KBK) peserta didik di siklus I adalah 56,67?n siklus II adalah 86,67%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 62,67?n siklus II sebesar 77%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas IV SD GKST Badangkaia. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up