JudulMeningkatkan Kreativitas Karya Seni Ekonomi Kreatif Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Siswa Kelas V SD Negeri 22 Palu |
Nama: KATARINA TALULEMBANG |
Tahun: 2024 |
Abstrak Kreativitas merupakan kemampuan seseorang berupa gagasan atau produk baru atau mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya. Rumusan masalah ini bagaimana meningkatkan kreativitas karya seni ekonomi kreatif pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya siswa kelas V SDN 22 Palu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas karya seni ekonomi kreatif siswa dalam pembuatan aksesoris kepala pengantin (dadasa kaili) siswa kelas V SDN 22 Palu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas siswa meningkat dari siklus I sampai siklus II, Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang berkembang sebanyak 9 orang atau 39,1%, meningkat pada siklus II yang jumlah siswa berkembang sangat baik menjadi 19 orang atau 82,6%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 43,5?ri siklus I ke siklus II. Melihat perolehan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan kreativitas siswa melalui seni kerajinan tangan dalam menghasilkan aksesoris pengantin (dadasa kaili) dapat meningkatkan kreativitas karya seni ekonomi kreatif siswa kelas V SDN 22 Palu. Kata Kunci : Kreativitas siswa, ekonomi kreatif |