JudulMeningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 22 Palu Melalui Metode Sosiodrama |
Nama: MARIA WANDITA VINSINTA NDOLU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu dengan penggunaan metode sosiodrama, dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan siswa dalam memerankan drama melalui metode sosiodrama di kelas V SDN 22 Palu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengambilan data menggunakan Kualitatif dan Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 22 Palu dengan jumlah siswa 23 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis aktivitas siswa, analisis hasil belajar dan analasis keterampilan memerankan drama.Pelaksanaan tes awal atau pratindakan yaitu sebesar 39,13 %. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 52,17%,dan pada siklus II di peroleh ketuntasan 86,95%.Kenaikan dari Siklus I ke Siklus II yaitu 34,78 %. Hasil aktivitas siswa siklus I sebesar 70?n pada siklus II 90%.Hasil aktivitas guru siklus I sebesar 73,33?n siklus II sebesar 86,66%. Hasil penelitian penerapan metode sosiodrama pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi memerankan drama memberikan pengalaman kongkrit kepada siswa seperti siswa dapat memerankan drama tentang toleransi sehingga nilai-nilai baik yang ada dalam drama dapat diimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu siswa juga dapat mengetahui memerankan drama dengan lafal,intonasi dan ekspresi yang sesuai dengan tokoh yang diperankan dalam drama. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam pelajaran Bahasa Indonesia tentang memerankan drama dapat meningakatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Palu. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Metode sosiodrama, Memerankan drama, Mata pelajara Bahasa Indonesia. |