Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya
Nama: NI MADE RIKA SETIAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Ni Made Rika Setiawati, 2022 Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pemdidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel merupakan teknik penarikan sampel dengan cara sampling jenuh. Kelas II A di Inpres 2 Kotaraya sebagai kelas eksperimen dan kelas II B di SD Inpres 3 Kotaraya sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil posttest yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 64,21 dan pretest kelas eksperimen 61,35. Nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 73,85 dan kelas eksperimen 88,78. Nilai rata-rata posttest eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest dan ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis akhir diperoleh bahwa nilai signifikan 0,000 karena nilai signifikan diperoleh < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya. Kata kunci : Media Benda Konkret, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up