Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISIWA PADA MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD INPRES LAWUA 1
Nama: DIAN WAHYUNI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada matematika materi bangun ruang kelas V SD Inpres Lawua 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design dengan bentuk control group pre-test post-test design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Lawua 1 yang berjumlah 25 orang. Kelas eksperimen berjumlah 13 orang dan kelas control berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrument berupa soal pilihan ganda, analisis data menggunakan uji Paired Sampel T-test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil uji t menggunakan uji Paire Sampel T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, artinya model pembelajaran CTL pada materi bangun ruang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lawua 1. Kata kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Materi bangun ruang, Hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up