JudulPENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KEBERAGAMAN BUDAYAKU DI KELAS IV SDN INPRES 3 TONDO |
Nama: FARIDAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Faridah (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Keragaman Budayaku Di Kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kadek Hariana. Media pembelajaran video merupakan suatu alternatif yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat berfikir aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah pada tema keragaman budayaku di kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol termasuk kategori sangat tinggi, dimana persentase kelas eksperimen 86,63?n kelas kontrol 77,53%. Terdapat perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kontrol pada tema Keragaman Budayaku, dapat dilihat denggan uji-t nilai sig. (2-tailed) untuk kelas eksperimen sebesar 0,014 lebih besar dari taraf signfikasi 0,005 (0,014>0,005) begitupun dengan hasil sig. (2-tailed) untuk kelas kontrol sebesar 0,018 lebih besar dari taraf signifikasin 0,005 (0,018>0,005) artinya kedua ini memiliki perbedaan yang signifikan. Nilai t dari kelas Ekperimen sebesar 2,545 lebih besar dari t tabel (1.70562) begitupun dengan nilai t dari kelas Kontrol sebesar 2,467 lebih besar dari t tabel (1.71714), artinya ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan pembelajaran menggunakan media video dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada tema Keragaman Budayaku di kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Keragaman Budayaku. |