Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DIKELAS IV SD NEGERI POBOYA MELALUI METODE INKUIRI
Nama: MEGAWATI S.TAKULOE
Tahun: 2025
Abstrak
Megawati S. Takuloe (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri Di Kelas IV SD Negeri Poboya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Surahman. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Poboya pada mata pelajaran IPA, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri Poboya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas Kelas IV SD Negeri Poboya. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 63?n daya serap klasikal 64,21?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai 88,42%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up