JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GLOBAL DI KELAS 3 SD INPRES BARU |
Nama: FAUZIAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Fauziah, 2022. “Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Global di Kelas 3 SD Inpres Baru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Dr. Andi Imrah Dewi, S,Pd., M.Sn Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 3 SD Inpres Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode global dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 3 SD Inpres Baru. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksnakan di SD Inpres Baru. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam satu siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pada siklus I kemampuan membaca peserta didik memperoleh nilai rata-rata 69,75?ngan ketuntasan klasikal 55,56%. Pada siklus II meningkat kemampuan membaca siswa memperoleh nilai rata-rata 87,67?ngan ketuntasan klasikal 84?ngan kriteria tercapai dalam indikator keberhasilan adalah 75%. Hal ini menunjukkan dari siklus I sampai siklus II rata- rata kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Global dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. |