Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS 2 SD GKST BADANGKAIA
Nama: DESI KRISTI LOUMA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK DESI KRISTI LOUMA, 2023: Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas ? SD GKST BADANGKAIA, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah Media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas ? SD GKST Badangkaia dalam menulis?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: meningkatkan keterampilan menulis dengan mengunakan Media Gambar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus yang dikembangkan sesuai dengan prosedur PTK, yaitu sutu siklus yang terdiri dari kegiatan: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data dikumpulkan melalui penilaian proses dan penilaian hasil setiap akhir tindakan. Pada akhirnya hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa melalui Media Gambar kemampuan menulis siswa kelas ? SD GKST Badangkaia dapat ditingkatkan. Hasil penelitian siklus I tuntas individu 26 orang dan yang tidak tuntas individu 4 orang dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 86,66%. Pada siklus II diperoleh peningkatan pada ketuntasan individu menjadi 28 orang dan tidak tuntas individu 2 orang, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 93,33%. Pada siklus kesatu diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 82,4. Kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 86,93, dengan peningkatan 13,47. Dapat disimpulkan, penggunaan media gambar dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas ? SD GKST Badangkaia. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan referensi bagi guru dan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran menulis di sekolah. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Media Gambar. ? ABSTRACT DESI KRISTI LOUMA, 2023: Improving Writing Skills by Using Image Media in Grade 2 Students of SD GKST BADANGKAIA, Thesis for Elementary School Teacher Education Study Program, Department of Education, Tadulako University, Supervisor Yun Ratna The problem examined in this study is whether the image media can improve the ability of class students ? SD GKST Badangkaia in writing?. The objectives to be achieved in this study are: Improve writing skills using image media. The method used is quantitative and qualitative. This class action research uses a cycle model developed in accordance with the CAR procedure, namely the Sutu Cycle consisting of activities: Planning, Action, Observation and Reflection. The data is collected through the assessment of the process and assessment of the results of each action at the end of the action. In the end, the results of this class action research show that through the media drawing ability to write class students ? SD GKST Badangkaia can be improved. research results cycle i complete individuals 26 people and those who are not complete individuals 4 people with a percentage of classical learning completeness 86.66%. In the second cycle, an increase in the completeness of the individual to 28 people and the individual was not complete, with a percentage of classical learning completeness of 93.33%. In the first cycle the average student value was 82.4. Then in the second cycle it increased to 86.93, with an increase of 13.47. It can be concluded, the use of image media can be used as an effective alternative in improving the writing skills of class students ? SD GKST Badangkaia. It is hoped that this research can be taken into consideration and reference for teachers and researchers in carrying out writing learning in schools. Keywords: Writing Skill, Image Media.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up