JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN 8 RIO PAKAVA |
Nama: NUR AINUN FARDIANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Salah satu penyebab rendahnnya Kemmpun Menulis karangan narasi anak yaitu karena kurangnnya partisipasi, motivasi, dan metde pembelajaran yang monoton. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningktkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 8 Rio pakava. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil belajar siswa dikatakan tuntas apabila memperoleh ketuntasan belajar individu sekurangkurangnnya 65%. Suatu kelas dikatakan tuntas bejar jika presentase klasikal sekurang-kurangnnya 70?n dikatakan berhasil jika nilai rata-rata baik atau sangat baik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hail yn di peroleh yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari siklus I pampai dengan siklus II secara berurutan yaitu 74,66% kategori cukup dan 87,36% kaegori baik. Sedangkan kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II secara berurutan yaitu 71,42%kategori cukup dan 88,75%kategori baik. Hasil belajar siswa mulai siklus I same siklus II secara berurutan presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 79,16% kategori baik dan presentase ktuntaan belajar klasikal siklus II 91,66% kategori sanat baik. Dan data yang diperoleh terjadi eninkatan pada setiap siklus. Denan demikian dannya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Rio Pava Kata kunci: hasil belajar, pendekatan pembelajaran kontekstual, peningkatan menulis karangan naarasi |