JudulMeningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SD Alkhairat Tanampedagi |
Nama: DEWI PUSPITA.A |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dewi Puspita.A.(2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SD Alkhairat Tanampedagi, Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dan penyampaian informasi yang terkesan menoton membuat siswa kurang merespon pelajaran, kurang aktif dan kreatif serta rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh masih dominannya skill menghafal dari pada skill memproses sendiri pemahaman suatu materi sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning), di SD Alkhairat Tanampedagi. Pengunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dalam proses pembelajaran siswa mempunyai keterlibatan langsung, dan bisa mengkaitkan pelajaran dengan kehidupan dunia nyata yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Alkhairaat Tanampedagi yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui Lembar aktivitas siswa dan aktivitas guru dan tes hasil tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD AL-Khairaat Tanampedagi, hal ini terlihat dari hasil pre Test dan post Test disetiap akhir siklus, yang meningkat dari pre test dengan skor 65,97 menjadi 70,41 pada post test siklus 1, dan meningkat kembali pada hasil ratarata post test siklus dua yaitu 77,22. Dengan presentase ketercapaian KKM pada siklus satu yaitu 63,88 ?n pada siklus dua yaitu 86,11 % |