Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN Inpres Bakum
Nama: APRINCE
Tahun: 2024
Abstrak
Aprince 2023. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Inpres Bakum. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Ibu Dr. Zulnuraini, S.Pd., M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Inpres Bakum. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, melalui metode ini akan mendeskripsikan analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Inpres Bakum. Pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, akan tetapi juga merupakan suatu proses penemuan yang diberikan di sekolah, khususnya sekolah dasar. Pada aspek berpikir tingkat tinggi, guru mengungkapkan bahwa agak sulit menerapkan kegiatan pembelajaran IPA yang mengarahkan siswa pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dimana ketika para siswa mengeluh pada soal yang diberikan oleh guru, selain itu pada saat observasi guru tidak menunjukkan satu dari dua kriteria yang terdapat pada aspek komunikasi dan juga tidak memberikan pengulangan materi pembelajaran yang sebelumnya terhadap siswa, sehingga tidak ditemukan kesesuaian pada indikator dengan kata kerja operasional khususnya pada tingkatan C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Berdasarkan hasil observasi dengan guru di Sekolah Dasar Negeri Inpres Bakum dapat disimpulkan bahwa ada berbagai upaya yang dilakukan oleh guru kelas IV dalam menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPA yaitu, memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan strategi pembelajaran yang variatif, menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi pembelajaran, menguasai materi pembelajaran yang diberikan. Setelah melakukan praktek dalam pembelajaran IPA, siswa diminta untuk dapat mempraktekkan ulang materi yang telah diajarkan oleh guru. Selain itu, guru harus mengulang kembali materi yang akan disampaikan kepada siswa, agar siswa benar-benar mengerti dengan materi dari mata pelajaran tersebut. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pembelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up