Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Manusia Dan Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Dikelas V SDn Inpres 3 Tondo
Nama: NURUL NOVIANA A. ALPIAH
Tahun: 2024
Abstrak
Nurul Noviana A. Alpiah (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Manusia dan Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kadek Hariana. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SDN Inpres 3 Tondo pada Tema Manusia dan Lingkungan, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui metode Inkuiri di Kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Manusia dan Lingkungan Kelas Kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 57,89?n daya serap klasikal 64,21?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai 88,42%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Inkuiri, Manusia dan Linkungan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up