JudulMeningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Menggunakan Media Kartu Huruf Di SDN Saemba |
Nama: YUNITA DUMPELE |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Yunita Dumpele, (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Menggunakan Media Kartu Huruf di SDN Saemba. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III di SDN Saemba? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III di SDN Saemba. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas III di SDN Saemba dengan jumlah siswa 10 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tiga cara yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil kemampuan membaca pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 40?ngan nilai rata-rata kemampuan membaca yang diperoleh seluruh peserta didik adalah 59,3%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator keberhasilan yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Kemudian pada siklus II meningkat, presentase ketuntasan klasikal sebesar 80?ngan nilai rata-rata kemampuan membaca yang diperoleh seluruh peserta didik adalah 85,1 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media kartu huruf, kemampuan membaca permulaan siswa kelas III di SDN Saemba dapat meningkat. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media kartu huruf |