JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU KATA DI KELAS 1 SD NO 01 PESAKU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA |
Nama: SARAH RAMADHANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Sarah Ramadhani, 2023. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Melalui Alat Peraga Kartu Kata Pada Kelas 1 SD NO 01 PESAKU Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusa Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui penggunaan alat peraga kartu kata pada kelas 1 SD NO. 01 PESAKU pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas 1 SD NO. 01 PESAKU dengan jumlah siswa 13 yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskripsi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil kemampuan membaca pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 46,15?ngan nilai rata-rata dan daya serap klasikal 63,24%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator keberhasilan yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Kemudian pada siklus II meningkat, ketuntasan belajar klasikal sebanyak 92,30?ngan nilai rata-rata dan daya serap klasikal 88,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan kartu kata kemampuan belajar membaca siswa kelas 1 SD NO. 01 PESAKU pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkat. Kata Kunci: Membaca dengan penggunaan kartu kata |