JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS ? SD INPRES 1 TANAMODINDI PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) |
Nama: JONER TUALING |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tualing Joner (2023). Meningkatkpan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division). Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendididikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi? Penelitian dilaksanakan di SD Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Me Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi.yang berjumlah 22 siswa. Pada tindakan siklus I diperoleh KBK 73.1?n DSK 73,1%. Pada tindakan siklus II diperoleh KBK 90,1?n DSK 87,1%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal yaitu 70?n ketuntasan belajar klasikal yaitu 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SD Inpres 1 Tanamodindi. |