JudulPENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 SINDUE TOBATA |
Nama: RAHMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rahmawaty, 2019. Peningkatan Model Inkuiri dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 4 Sindue Tobata. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Sindue Tobata yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase DSK siswa sebesar 66,2% serta persentase KBK sebesar 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase DSK siswa sebesar 75,84% serta persentase KBK sebesar 84%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 9,64?ri siklus I sebesar 66,2?n siklus II sebesar 75,84%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 4 Sindue Tobata Kelas V pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS |