JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 10 Sojol |
Nama: NI KADEK DWI PUTRI LESTARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Kadek Dwi Putri Lestari, 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 10 Sojol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 10 Sojol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri atas siswa kelas IV SDN 10 Sojol sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang, dan siswa kelas IV SDN 12 Sojol sebagai kelas kontrol yang berjumlah 11 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 21 soal yang telah valid dan reliabel. Adapun analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-test berbantuan program SPSS versi 16. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai Signifikan 0,014<0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 10 Sojol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 10 Sojol. Kata kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, CTL, Hasil Belajar Siswa, Pelajaran IPA. |