Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES 2 PARANGGI
Nama: TIARA RISKI S. TJAMBA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK TIARARISKIS.TJAMBA,2019.Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inquiri Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres 2 Paranggi Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. IPS sebagai salah satu pelajaran di SD memiliki fungsi yang strategis dalam upaya pembentukan sikap dan perilaku siswa. Hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPS dikelas IV SD Inpres 2 Paranggi menunjukkan hasil belajar siswa belum optimal, maka dalam pembelajaran IPS perlu diarahkan pada aktivitas-aktivitas yang mendorong siswa untuk belajar secara aktif baik mental, fisik, maupun sosial. Hal ini berdampak pada kualitas pembelajaran di kelas IV SD Inpres 2Paranggi Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Inquiri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 2 Paranggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: selama proses penelitian minat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi.Pada siklus I aktivitas siswa persentase aktivitas siswa sebesar66%.dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Selain aktivitas siswa, ketrampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I persentase ketrampilan guru 69%, dan siklus II mencapai 91%. Dilihat dari ketuntassan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai 62,1 dengan ketuntasan klasikal 63?n pada siklus II rata-rata nilai 77,89 dengan ketuntasan klasikal 89%. Beratri di akhir siklus II sudah menunjukkan ketuntasan belajar sesuai dengan indikator keberhasilan. Katakunci:model Pembelajaran Inkuiri Hasil Belajar,IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up