JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 13 Bokat |
Nama: TRISNO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Trisno (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 13 Bokat. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SDN 13 Bokat pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Inkuiri di Kelas V SDN 13 Bokat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas Kelas V SDN 13 Bokat. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 63?n daya serap klasikal 64,21?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai 88,42%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPS |