JudulIdentifikasi Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tatura |
Nama: SOFIAH NURLAILI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Sofiah Nurlaili. 2023. Identifikasi minat belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Tatura. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Tatura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 2 Tatura dengan jumlah 22 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa minat belajar siswa kelas V B SD Negeri 2 Tatura pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dikatakan sangat baik yaitu dengan persentase 77,27?n hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa dari jumlah 22 siswa yang menjadi subjek penelitian, siswa yang tuntas yaitu 20 siswa dengan persentase 90,90%, dan siswa yang tidak tuntas yaitu 2 siswa dengan persentase 9,10%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa sangat berperan penting dalam mendapatkan hasil belajar siswa. Jika minat belajar siswa sangat baik maka hasil belajarnya juga akan tinggi dan begitu sebaliknya jika minat belajar siswa kurang maka hasil belajar yang diperoleh juga akan rendah. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |