JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran IPS Melalui Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Siswa Kelas V SD Inpres Malakosa |
Nama: NINDIKA RAHMADANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nindika Rahmadani (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada siswa kelas V SD Inpres Malakosa. Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar. Jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas Tadulako, pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini melupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kemmis dan MC.taggart yang terdiri dari dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dikelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Masalah yang di teliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan meyenangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Malakosa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 hasil pra tindakan, analisis hasil belajar siswa untuk saya serap klasikal mencapai 51% sedangkan ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 45%. Pada hasil tindakan siklus II, hasil belajar siswa untuk saya serap klasikal mencapai 67,75% sedangkan ketuntasan belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 85,00% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. |