JudulPengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: SANDRA PUTRI WAHYUNISA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Inpres Bumi Sagu. Desain penelitian menggunakan One- Group Pretest-Posttest Design dengan sampel siswa kelas V B SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 18 orang. Pengambilan data menggunakan instrument soal pilihan ganda yang memuat indikator berpikir kritis dengan analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test berbantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada indikator mengenal dan memecahkan masalah 47,22; indikator menganalisis 33,33; indikator mengevaluasi 30,55; dan indikator menyimpulkan 18,51. Berdasarkan hasil uji-t menggunakan uji Paired Sampel T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Maka Hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode brainstorming pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. |