JudulMENINGKATKAN MINAT BELAJARSISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 2 TONUSU MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS |
Nama: DIVA AFRIANA BETA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Diva Afriana Beta (2023). “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 2 Tonusu melalui Metode Pemberian Tugas”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 2 Tonusu, melibatkan 15 orang siswa terdiri atas 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 53,3?n daya serap klasikal 65,3%. Sedangkan pada Tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 100?n daya serap klasikal 85%. Pada siklus I ketuntasan klasikal 53,3?n pada siklus II meningkat 46,7% menjadi 100%. Pada siklus I daya serap klasikal 65,3?n pada siklus II meningkat 19,7% menjadi 85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 2 Tonusu. Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Minat Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia |